Hijrah Talk : Ngomongin Hijrah Ala Milenial

August 01, 2019

Hijrah?? Akhir-akhir ini kata ini banyak di bicarakan oleh orang-orang. Mulai dari anak muda hingga orang tua membicarakan tentang ini. apa sih hijrah? Hijrah adalah artinya berpindah. Jadi bisa dikatakan berpindah menjadi baik. Pasti maulah orang seperti ini.

Membicarakan hijrah kadang orang suka antipati banget padahal hijrah itu baik. Anak-anak milenial bisa menjadi pribadi yang baik. Melihat dari ini tanggal 26 juli 2019 kemarin, Bang Doel hadir ke Muamalat Tower yang mengadakan acara Hijrah Talk. Tema acara ini sangat menarik yaitu mengangkat tentang “Ayo Hijrah untuk Hidup Lebih Baik dan Penuh Berkah”.


Chief Executive Officer (CEO) PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk Achmad K Permana mengatakan, Bank Muamalat terus berkomitmen mengajak masyarakat Muslim tanah air untuk berhijrah untuk hidup yang lebih baik dan penuh berkah. “Kami juga ingin terus mengedukasi masyarakat bahwa hijrah bukan hanya dari sisi ibadah saja, tetapi secara keseluruhan, termasuk sisi keuangan,” jelas beliau.

Fenomena hijrah menurutnya sudah sejak lama ada. Namun, saat ini di tangan milenial, hijrah menjadi sesuatu yang keren, kekinian, dan punya daya magnet ampuh dalam memengaruhi sesama milenial Muslim untuk berhijrah.

Itu menjadi gaya baru syiar Islam ala milenial, di mana menyebarkan kebaikan Islam bukan lagi dengan penanaman nilai secara indoktrinatif, tapi dengan menjadikan kebaikan Islam sebagai sebuah gaya hidup yang keren.

Hadir dalam kegiatan ini Ustadz Erick Yusuf, ustadz kondang yang sering tampil di TV.  Menurut ustadz Erick “ Hijrah itu dari kata Hijaroh yang berarti meninggalkan dari satu tempat ke tempat yang lain atau bertransformasi dari sesuatu yang buruk ke yang lebih baik, atau dari yang baik menjadi lebih baik”. Proses ini sangat panjang dan tidak mudah. Banyak orang yang berguguran saat melakukannya maka perlu ada konsitensi dalam menjalankannya.

Banyak kegiatan yang mudah kita lakukan dalam melakukan hijrah. Apalagi Bang Doel sebagai orang yang sering aktif di media sosial banyak hal hijrah yang bisa kita lakukan. Menurut ustadz Erick “ kita yang aktif di media sosial harus bisa memberikan peran, jangan sampai media sosial tidak diisi dengan hal yang buruk”. Nah kan membagikan yang baik di media sosial itu sangat penting loh gengs.


Hijrah juga dilakukan oleh Bank Muamalat. Sebagai salah satu bank yang mengedepankan Syariah, saat ini bank ini banyak melakukan terobosan baru. Salah satu terobosan pelayanan baru yang menyasar target generasi milenial, yakni Muamalat Hijrah Coffee. Muamalat Hijrah Coffee, merupakan perpaduan pelayanan nasabah Bank Muamalat berkonsep tempat nongkrong, yang modern, tetapi tetap profesional.

Bang Doel juga sempat menikmati kopi dan makanan yang ada di kafe ini. Konsep muamalat hijrah coffe ini memang dibuat ke anak muda banget. Selain kita bisa menikmati kopi, disini kita bisa membuka tabungan baru secara mudah. Ada beberapa gawai yang bisa digunakan untuk mengetahui informasi tentang bank ini juga. 


Achmad K Permana menambahkan, tren gaya hidup hijrah di kalangan milenial saat ini memang menjadi suatu hal yang positif. Namun, generasi milenial sebaiknya juga harus paham mengenai pengelolaan keuangan yang sesuai syariat. Karenanya, Bank Muamalat ingin mengajak generasi milenial untuk hijrah dengan mengenal bank syariah.

Saat kegiatan ini juga diberikan hadiah untuk pemenang lomba blog yang bertema #ayohijrah. Lomba blog ini di menangkan oleh mbak  Triani Retno Adiastuti. Mbak triani menulis di blognya tentang perjalanan hijrah beliau saat kesulitan finansial. “Melakukan hijrah dengan meninggalkan hal riba dalam finansialnya memang sulit tapi itu harus dilakukan dan dilawan oleh diri” ujar mba triani

Hijrah punya makna yang luas. Bagi yang belum berhijrah, kampanye #AyoHijrah ini bisa jadi momentum untuk memulai, dan bagi yang sudah memulai berhijrah agar dapat melengkapi serta menyempurnakan diri dengan ajaran yang sesuai syariat.

“Bank Muamalat tidak berhenti berinovasi untuk mengajak masyarakat untuk berani meningkatkan diri kearah yang lebih baik dan menciptakan solusi layanan perbankan berbasis syariah yang aman dan praktis, sehingga niat untuk berhijrah ke bank syariah dapat dilakukan lebih mudah,” tutup Permana. 
Jadi gimana?? Sudah siapkah kita berhijrah??



You Might Also Like

1 komentar

  1. Bank Muamalat memang pelopor bank syariah pertama kali.
    Wah keren itu blogger yang bisa menang dan mendapatkan juara.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh