Kriyanusa 2019 : Saatnya Produk Lokal Indonesia Unjuk Gigi

September 13, 2019

Kalau saya sebut Kriya, temen-temen ceritabangdoel tau ga itu apa? Pasti sebagian tau ya tentang kriya itu apa. Yes kriya adalah kegiatan seni yang menitik-beratkan kepada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernila jual. Jenis kriya di Indonesia itu banyak banget loh mulai dari, songket, kain, produk tas dan berbagai macam lagi. 

Saking banyaknya produk yang ada di Indonesia pemerintah pun bahu membahu membantu promosikan kriya yang ada. Maka dari itu pemerintah Indonesia melalui Dekranas membuat sebuah pameran tentang kriya yaitu Kriya Nusa 2019.

Pameran KriyaNusa 2019 mengusung tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas & Kewirausahaan”. Simbol dari pameran tahun ini ikon Sumatera Barat berupa motif Pucuk Rabuang yang melambangkan kuncup bambu muda yang lembut, namun jika sudah dewasa akan menjadi bambu yang kuat dan kokoh. Hal itu melambangkan harapan kegiatan ini dapat terus berkembang setiap tahunnya.  Selain pameran, akan ada fashion show, berbagai workshop, pentas seni budaya Minang dan penampilan live music.


Kemarin saya pun sempat melihat-lihat beberapa teman yang sudah hadir ke tempat ini. Pagelaran Kriyanusa 2019 ini dilaksanakan di JCC senayan. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 11 sepetember 2019 sampai 15 september 2019. Acara ini pada tanggal 11 september 2019 sudah di buka oleh ibu Presiden Iriana Jokowi di JCC.

Pada kegatan temu netizen Kriyanusa 2019 di Sudirman pada 9 september 2019 kemarin ibu Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP, Septriana Tangkary menyatakan partisipasi itu merupakan wujud kerja Ditjen IKP sebagai penanggung jawab Government Public Relations (GPR) di Indonesia. "Ditjen IKP Kementerian Kominfo berkewajiban untuk mempromosikan dan mensosialisasikan kegiatan ini kepada seluruh masyarakat Indonesia," jelasnya.
Memang kegiatan Kriyanusa 2019 ini tidak hanya hadir dari Dekranas tapi rembuk bareng dari beberapa kementrian terutama Kominfo. DEKRANAS berkomitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kerajinan Indonesia. Menjaga keberadaan dan kontinuitas produksi produk kerajinan melalui peningkatan ketrampilan pada generasi muda.

Maka dari itu dengan diadakannya Kriyanusa ini menjadikan regeranasi para pengrajin yang ada di daerah untuk meneruskan kepada yang muda. Dekranas terus Melakukan pembinaan produk melalui peningkatan kualitas, desain, produksi dan penggunaan teknologi baru agar dapat meningkatkan daya saing.

Setelah melakukan pembinaan maka dari itu dekranas melakukan pameran Kiyanusa 2019 ini. Pameran KriyaNusa 2019 diikuti oleh Dekranasda seluruh Indonesia yang memfasilitasi perajin di wilayahnya masing-masing. Tak hanya itu sejumlah BUMN dan Kementerian juga memfasilitasi mitra binaanya untuk terlibat, sehingga terdapat 246 stan yang terdiri dari: 37 stan Kementerian dan BUMN, 170 stan Dekranasda, 25 stan individu, 8 stan mitra, dan 6 stan asosiasi.

Nah seru banget neh Kriyanusa 2019. Apalagi kemarin saya sempat membaca beberapa teman-teman yang sudah hadir kesana, Banyak produk dari daerah yang di promosikan dan cantic-cantik loh. Yuk makanya hadir ke Kriyanusa 2019 di JCC dan masuk ke event ini gratis loh, 



You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh