Yok Lawan Diabetes Dengan Sun Life Virtual Charity Run

November 21, 2019

Diabetes?? Hih ngeri banget loh kalo kena penyakit ini. apalagi ini menjadi salah satu penyakit yang tidak menular namun berbahaya. Indonesia sendiri menduduki peringkat ke 6 penderita diabetes di dunia dengan jumlah penderita 10 juta jiwa.

Ngeri kan? Duh jangan sampai kita terkena penyakit ini deh.

Diabetes yang menyerang banyak diabetes tipe 2 di Indonesia. Diabetes tipe 2 adalah di mana kadar gula dalam darah melebihi nilai normal. Hal yang berpengaruh ini banyak sekali salah satunya adalah pola hidup. Sekarang banyak sekali masyarakat yang mulai malas gerak karena sudah apa-apa serba online dan tinggal melalu gawai mereka.

Maka dalam rangka hari diabetes dunia di bulan November ini Sun Life Financial Indonesia kembali mempertegas komitmennya dalam upaya melawan diabetes di tanah air. Menjadi bagian dari kampanye ‘Live Healthier Lives’, salah satu upaya Sun Life Indonesia dalam membantu meningkatkan pemahaman dan kepedulian terkait diabetes, diwujudkan melalui aktivitas ‘Sun Life Virtual Charity Run’ yang hari ini secara resmi diluncurkan. Ambil bagian dalam seruan #TeamUpAgainstDiabetes, duta kampanye ‘Live Healthier Lives’: Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Rangkaian acara ini dimulai pada 14 november 2019 di kuningan, Sun Life mengajak untuk melawan diabetes. Acara ini dihadiri oleh, Bapak Kaiser Simanungkalit dari Sun Life, dr. Dante S. Harbuwono Sp.PD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono. 

”Hasil Survey FKUI RSCM-Divisi metabolik endokrin menemukan 1 dari 8 orang di Jakarta terkena diabetes, dan 2 dari 3 orang yang terkena diabetes tidak mengetahui kalau dirinya terkena diabetes. Peningkatan pemahaman dan upaya pencegahan terhadap diabetes menjadi sebuah keharusan. Terdapat tiga gejala klasik diabetes yang dikenal dengan istilah 3P yaitu; poliuri atau sering buang air kecil, polifagi atau sering merasa lapar, dan polidpsi atau sering merasa haus. Penurunan berat badan tanpa disertai dengan sebab yang jelas, juga menjadi ciri yang perlu diperhatikan. 

Wuw ngeri sekali diabetes ini. 

Bila ini tidak di cegah maka akan menjadikan berbahaya bagi penderita. Bisa terkena diabetes bisa mengakibatkan gagal ginjal hingga masalah fungsi jantung.  Pencegahan diabetes sebenarnya sangatlah mudah yaitu dengan deteksi dini saat prediabetes. Yaitu disaat sebelum kita terkena dan sudah ada indikasi ke sana. Ada beberapa orang yang beresiko tinggi terkena diabetes seperti dari etnik tertentu, berat badan berlebih, aktifitas fisik yang kurang dan diet yang tak seimbang.

Maka dari hal itu Sun life mengajak kita untuk melakukan Sun Life Virtual Charity Run

Mendukung masyarakat Indonesia menjalani hidup yang lebih sehat, sejak 2018, Sun Life Indonesia menggaungkan kampanye kesehatan bertajuk ‘Live Healthier Lives’. “Sejalan dengan rekomendasi dari laporan Diabetes in Asia: Empowering communities to lead healthier lives, salah satu upaya Sun Life Indonesia dalam membantu meningkatkan pemahaman dan kepedulian terkait diabetes, diwujudkan melalui aktivitas Sun Life Virtual Charity Run. 

Rendahnya literasi masyarakat tentang diabetes ini lah yang membuat Sun Life mengajak dalam kegiatan ini. Menurut bapak Kaiser Simanungkalit “ 68% penduduk Indonesia yang menilai bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan saja. Padahal, gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor utama seseorang menderita diabetes, khususnya tipe 2. Guna menekan angka gelombang penderita diabetes di Indonesia, laporan ini juga memberikan rekomendasi berupa peningkatan literasi diabetes dan pendekatan terkordinasi berbasis komunitas, sebagai upaya yang perlu dilakukan bersama”.

Gimana caranya ikut virtual run ini??

Kita nantinya akan memilih mau menjadi tim ibnu jamil atau tim Kelly. Nah silahkan pilih kedua tim ini lalu nanti akan diadakan meet up di tanggal 24 november 2019 berikut cara daftarnya :

Cek postingan dari Sun Life Indonesia mengenai Virtual Charity Run pada akun Instagram @sunlife_id pada tanggal 14 November 2019.
Peserta wajib membagikan 4 foto yang berbeda di dalam 1 (satu) postingan yang sama dengan ketentuan:

1. Foto pertama, 1 (satu) foto flatlay (tampak atas) yang menunjukan perlengkapan lari yang biasa peserta gunakan.
2. Foto kedua-keepmat, 3 (tiga) screenshot dari aplikasi sport tracker yang mereka pilih dan menunjukkan jumlah jarak tempuh dari 3 kegiatan lari yang terakhir kali dilakukan peserta.
3. Peserta wajib menuliskan caption dengan ketentuan berikut: Tuliskan alasan mengapa kalian berhak terpilih untuk masuk ke #TeamIbnu atau #TeamKelly.
4. Jangan lupa mention @sunlife_id di dan tag 3 teman kamu, serta menggunakan hashtag #LiveHealthierLives, #TeamAgainstDiabetes, dan #TeamIbnu atau #TeamKelly.
5. Akun Instagram peserta tidak boleh dalam keadaan terkunci atau private.
6. Peserta yang terpilih menjadi pemenang nantinya wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pengumpulan kilometer bersama masing-masing #TeamIbnu dan #TeamKelly.
7. Periode pengumpulan kilometer dari kedua tim akan berlangsung pada 24 November 2019 - 15 Desember 2019. Dengan donasi sebesar 100 ribu per 1 km. 

So jadi sudah siap bergerak?? Yuk ikutan Sun Life Virtual Charity Run 2019

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh