Bangga Buatan Indonesia Flobamora : Memajukan Potensi UMKM dari Timur Indonesia - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

June 23, 2021

Bangga Buatan Indonesia Flobamora : Memajukan Potensi UMKM dari Timur Indonesia

 
Kalo ngomongin NTT apa yang kalian pikirkan?

Jauh? Pasti lah

WIT? Iya lah secara di Indonesia Timur

Kalau saya sih kepikiran dengan wisata alamnya yang keren. Iya dong kan disana ada pulau Komodo yang keren, lalu ada Ende dan Waerebo. NTT adalah salah destinasi impian saya. Apalagi akses kesana sudah mudah saat ini. Ah pokoknya jadi impian saya.

Selain alam yang bagus NTT ini juga banyak keanekargaman produk hasil usaha yang ada. Mulai dari kain khas NTT yang keren hingga makanan-makanan yang bisa kita nikmati apabila ke provinsi ini. Kain etnik khas pulau ini banyak disukai oleh orang-orang dan harga jualnya bukan main-main.

Cinta produk local

Produk local kita sudah sangat mendunia. Namun masih banyak akses untuk penjualan yang belum sempurna hingga penjualan produk masih kurang luas. Sebagai contoh kain etnik NTT yang bagus itu kita Cuma bisa dapatkan apabila kesana atau nitip temen yang lagi liburan.

Memang sudah banyak kain itu di jual di daring namun masih kurang banyak atau mungkin kita sulit untuk mencari produk local yang ada. Kekurangan ini yang membuat Presiden Jokowi mengaungkan semangat “beli produk local.

Gernas BBI

Ada yang tau tidak tentang Gernas BBI? Yas ini Gerakan yang diangkat pak presiden dengan bangga menggunakan buatan Indonesia. Gernas BBI ini sudah digaungkan dari tahun lalu oleh dan mulai di galakkan ke beberapa tempat di Indonesia. Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) pada Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT.



Acara puncak Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora diadakan dalam bentuk forum tatap muka (offline) dan online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI.

Beberapa tamu undangan VVIP yang hadir baik secara offline maupun online antara lain adalah Presiden Joko Widodo, Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).

Menkominfo dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk mengonsumsi atau membeli produk lokal, serta mengajak masyarakat untuk mau menggunakan produk-produk karya anak bangsa dengan penuh kebanggaan. Johnny mengingatkan bahwa kecanggihan ICT bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pemasaran produk lokal.

Era pandemic seperti ini juga banyak masyarakat yang terdampak, maka kominfo juga mengajak untuk saling beli produk local kita. Selain peluncuran kilau Gernas BBI pada acara itu juga dihadirkan virtual expo.

Virtual expo ini menghadirkan produk-produk umkm yang ada di NTT. Dari ribuan UKMKM yang ada di Flobamora, ada 100 UMKM yang berhasil dikurasi dengan lebih dari 1000 SKU produk yang hari itu ditampilkan dalam expo, mulai dari fashion, kuliner, dan kerajinan. Virtual Expo ini berlangsung selama satu bulan, mulai 9 Juni hingga 9 Juli 2021. Di sini kita bisa melihat-lihat sekaligus membeli sebagaimana pengalaman berbelanja di marketplace.



Untuk virtual expo ini temen-temen bisa kepoin di kilaudigitalflobamora.id. untuk membeli produknya juga mudah kok tinggal klik menu Pameran Virtual lalu lakukan registrasi dengan memasukkan nama, nomor ponsel, dan alamat email. Lalu pilih area expo yang ingin kita jelajahi, yakni Food A, Food B, Fashion, dan Craft. Setelah membeli barang, kita bisa membayar dengan dukungan QRIS Bank Indonesia melalui metode yang kita inginkan, misalnya OVO, ShopeePay, GoPay, Dana, dan Link Aja.

Dengan adanya kegiatan ini semoga memudahkan para UKM di NTT untuk menjual produknya dan menduniakan produk. Semoga kita juga bisa membeli produk dari NTT ini tanpa perlu jauh-jauh jalan kesana. Tingal buka web, pilih dan bayar.

 

Share with your friends

Give us your opinion

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done