Ke Malaysia Jangan Lupa Mampir ke 6 Taman Nasional di Negara Ini

January 30, 2018

Sudah ada yang pernah ke Malaysia? Bang Doel 3 tahun lalu sempat backpacker ke sana selama dua minggu. Perjalanan ini sangat melelahkan dan menyenangkan juga. Pada saat itu Bang Doel melakukan perjalanan ke Malaysia melalui Penang lalu ke Thailand sehingga hanya sebentar saja di kota ini. 

Ternyata sekarang di negara ini sudah banyak wisata yang dapat kita kunjungi. Wisata-wisata ini juga sangat bervariasi dari mulai city tour sampai ke jelajah alam seperti taman nasional yang dapat di kunjungi. Malaysia sendiri ternyata ada 6 taman nasional yang wajib banget di kunjungi bagi kita para wisatawan yang suka trackking dan alam. Berikut 6 Wisata Alam yang ada di Malaysia

1. Taman Nasional Taman Negara






sumber:gowhere.my
Taman Negara merupakan taman nasional yang terletak di Kuala Tahan, Pahang, tepatnya di pegunungan Titiwangsa. Tahukah kamu, jika Taman Negara terkenal sebagai hutan hujan tertua di dunia. Diperkirakan hutan hujan ini berumur lebih dari 130 juta tahun. Taman nasional ini menjadi habitat alami harimau, berbagai jenis burung, dan bunga raflesia. Kamu bisa melakukan trekking atau menikmati hutan dengan perahu di sepanjang sungai Tembeling. Beberapa rumah pohon dibangun di kawasan ini sebagai tempat menginap pengunjung yang ingin mengamati flora fauna di Taman Negara.

2. Taman Nasional Gunung Kinabalu 
 
sumber:wikipedia.org
Puncak Kinabalu merupakan gunung tertinggi di pulau Kalimantan. Letaknya di Sabah, Malaysia. Di gunung ini terdapat beberapa Taman Nasional, salah satunya adalah Taman Nasional Kinabalu. Taman Nasional Kinabalu menjadi situs warisan dunia pertama di Malaysia menurut UNESCO. Luas kawasan ini mencapai 754 kilometer persegi mengelilingi Gunung Kinabalu dan merupakan spot wisata paling populer di Malaysia.  

3. Taman Nasional Gunung Mulu
sumber:iflymagazine.com
Taman Nasional Gunung Mulu berlokasi di Sarawak. Gunung Mulu sendiri merupakan puncak tertinggi kedua di Sarawak. Taman nasional ini merupakan rumah bagi beberapa hewan yang hampir punah, seperti Orangutan, badak Sumatera, dan beruang madu, serta tempat tumbuhnya beberapa jenis anggrek langka. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan gua dan tebing yang indah, termasuk gua Rusa Besar tempat tinggal kelelawar. Ada pula Taman Eden yang merupakan lembah dengan air terjun tersembunyi oleh tebing batu kapur.


4. Taman Nasional Penang

sumber:malaysia.travel
Taman nasional dengan luas sekitar 1.200 ha ini terdiri dari kawasan laut dan darat serta menjadi surga tidak hanya bagi pelancong namun juga para peneliti. Di taman nasional ini kamu bisa menikmati ekosistem dataran rendah, hutan mangrove, dan habitat pantai berpasir. Tercatat lebih dari 1000 spesies tanaman yang hidup di Taman Nasional Penang yang didominasi oleh keluarga Dipterocarpaceae, Leguminosae, Apocynaceae, Anacardiaceae, Euphorbiaceae dan Moraceae.

5. Taman Nasional Pulau Kukup


sumber:potgardening.wordpress.com
Di Johor, Malaysia juga terdapat sebuah taman nasional tempat ekosistem hutan mangrove yang bernama Pulau Kukup. Kamu bisa mencapai pulau ini dengan mengendarai boat. Beberapa hewan liar dapat kamu temukan di pulau ini, seperti monyet, burung, dan kepiting. Kamu bisa juga menyaksikan pemandangan pulau yang indah ini dari tower observasi. 

6. Taman Nasional Lahan Basah Kuching
 
sumber:adventurephiles.com


Lahan Basah Kuching atau Kuching Wetlands merupakan taman nasional yang berlokasi di Sarawak dan merupakan taman nasional hutan mangrove. Luasnya 170 km2 meliputi wilayah pantai, laut dan ekosistem air tawar. Kamu bisa bertemu dengan buaya air tawar, monyet, bekantan, burung elang serta kunang-kungan yang mulai jarang ditemui. Selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan di sekitar pegunungan dan desa nelayan.
 


Seru kan ke 6 tempat di atas itu? nah bagi kita backpacker juga membutuhkan tiket pesawat untuk menuju ke negara ini. Negara ini mempunyai maskapai bernama Malaysia Air yang menyediakan berbagai jalur penerbangan ke Malaysia dari Indonesia. Dengan menggunakan Malaysia Air, kamu bisa terbang dari Jakarta langsung menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur. Selain itu, Malaysia Air juga menyediakan jalur penerbangan lokal yang menghubungan bandara-bandara di pelosok Malaysia seperti Bandara Kota Kinabalu, Penang dan Kuching, sehingga memudahkan wisatawan menjelajah seluruh Malaysia



Nah temen-temen sudah pada siap untuk backpacker ke Malaysia mengunjungi 6 Taman Nasional ini? yuk beli tiket Malaysia Air sekarang juga

 

You Might Also Like

2 komentar

  1. wahh jadi pengen jalan2 ke malaysia.. makasih infonya bang..

    ReplyDelete
  2. wah....dalam pikiran orang awam pasti tujuan wisata ke Malaysia kalo bukan Twin Tower, Dataran Merdeka, atau nggak mentol di Penang dengan sisa-sisa mural di dinding-dinding rumah..
    nice inpoh gan hehe,,,salam kenal sebelumnya..hehe:)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh