TBC Dapat Disembuhkan, Mari Kita Peduli TBC

March 28, 2018

TBC?? Ada yang tau tentang penyakit ini kan? Yupz penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosi ini ternyata merupakan penyakit yang berbahaya. Indonesia sendiri merupakan peringkat kedua setelah India dalam penyebaran penyakit ini yang terbanyak. Gejala-gejala awal dari penyakit ini yaitu batuk-batuk selama dua minggu tidak sembuh, berat badan turun, sering keluar keringat di malam hari dan batuk berdarah.

Nah kan rada ngeri ini penyakit ini. Kebetulan pada tanggal 24 maret dirayakan sebagai hari TB. Hari minggu tanggal 25 maret 2018 kemarin kebetulan Bang Doel di ajakin kegiatan seru tentang penyakit TBC ini yaitu kegiatan kampanye dan media gathering dari Forum Stop TB Partnership Indonesia yang menyebarkan campaign Peduli Kita Peduli TBC dengan tujuan untuk mengedukasikan masyarakat, bahwa TBC dapat disembuhkan.. Kegiatan ini di mulai dari pagi hari di kawasana CFD sudirman dengan menampilkan mural dan sesi talkshow dari relawan PETA. Tidak ketinggalan juga pagi itu di hadiri oleh Vino G Bastian yang hadir karena merasa peduli dengan penyakit ini.

Ngomong-ngomong tentang TBC ini ditemukan oleh Robert Koch beberapa tahun silam dengan melakukan penelitian. TBC sendiri bukan merupakan penyakit turunan jadi jangan mikir yang macem-macem tentang penyakit ini. Menurut Dr. Erlina dalam sesi media gathering penyakit TBC ini bisa di sembuhkan. Pemberian obat yang rutin selama kurang lebih 6 bulan bisa membantu penderita ini sembuh. Untuk pengobatan TBC ini sendiri gratis bila datang ke puskemas yang ada.

Selain itu TBC ini tidak hanya menyerang ke paru-paru saja. Bisa menyereang ke berbagai organ tubuh lainya seperti kelenjar getah bening, selaput otak, usus, kulit, tulang, saluran kemih, saluram reproduksi, mata dan tenggorokan. Oleh sebab itu TBC merupakan salah satu dari 10 penyakit penyebab kematian terbesar di dunia.

Orang yang terkena TBC bisa di sembuhkan, pada acara ini juga hadir Ibu Ulwiyah dari relawan PETA yang merupakan mantan penderita TBC. Menurut beliau, saat proses penyembuhan harus meminum obat selama 23 bulan tanpa henti dan harus di suntik setiap harinya untuk menyembuhkan penyakit ini. Selain itu TBC juga membuat beliau depresi hebat dan halusinasi yang berat saat melakukan proses penyembuhan ini. Maka dari itu dalam proses penyembuhan ini juga harus ada orang-orang yang harus mendampingi para pasien agar pasien terus kuat untuk sembuh.


Proses penyebaran penyakit ini terjadi melalui udara, saat pasien batuk atau bersin yang mengeluarkan percikan dahak kemudian terhiruf oleh orang lain dan proses penularan sangat ditentukan dari banyaknya kuman yang keluar dari penderita TBC. Oleh karena itu sangat penting informasi mengenai etika batuk sehingga dapat mencegah penularan kepada orang lain, seperti : menggunakan masker, menutup mulut dengan lengan saat batuk dan bersin. TB tidak menular melalui makanan, piring gelas ataupun pakaian.

Dalam acara media gathering juga hadir Reza Rahardian, aktor satu ini ikut turut andil dengan kegiatan pencegahan TBC ini karena dia kaget dengan data bahwa Indonesia merupakan negara kedua penyebaran penyakit ini. Menurut dia TB ini harus di berantas dan kita sendiri harus memperbaiki pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-sehari.

Selain Reza Rahardian turut hadir juga Vino G Bastian yang ingin membantu kampanye peduli TBC ini. Vino sendiri punya teman yang terkena penyakit ini, awalnya dia tidak tahu tentang penyakit temanya ini namun setelah hampir 6 bulan tidak ketemu berat badan teman ini menyusut dan terlihat kurus. Saat ditanya oleh Vino sakit apa, ternyata temannya ini terkena TBC dan harus 8 bulan perawatan.


So guys mari kita peduli TBC yuk dan bantu teman, saudara dan lingkungan sekitar kita bila ada yang batuk lebih dari dua minggu dan ada gejala-gejala TBC ajak dan periksakan ke dokter atau puskemas terdekat.. mari PEDULI KITA PEDULI TBC untuk informasi silahkan ke https://pedulitbc.org/ untuk kegiatan kampanye ini




You Might Also Like

2 komentar

  1. Terima kasih infonya bang Doel, kalau kita peduli, pasti akan banyak yg tertolong.

    ReplyDelete
  2. Dibutuhkan kesadaran masyarakat utk lebih pefuli agar tingkat penularan menurun. Sembuhkan tb....

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh