Yuk Sarapan : Agar Sehat dan Memberikan Energi Positif pada Diri

April 17, 2018

Seberapa penting sih sarapan bagi anda? Kalo Bang Doel sendiri sangat penting untuk sarapan, karena kalau tidak sarapan akan lemes bahkan malah maag kambuh di siang harinya.  Apalagi bagi sebagian orang Indonesia makan pagi itu harus makanan berat. Di setiap daerah di Indonesia menu sarapan paginya beragam, waktu di medan ada lontong Medan atau nasi lemak, di Jakarta bisa di jumpai nasi uduk dan kemarin saat di Lamongan pun saya sempat icip sarapan khas sana yaitu nasi borangan.

Sarapan Bistro Baron, Sembutopia
Sarapan Yuk

Menurut kalian makan pagi itu penting tidak sih??

Sarapan ternyata ada sejarahnya loh. Makan Pagi adalah sajian terpenting dalam satu hari, pertama kali ditulis oleh Lenna F. Cooper, pada tahun 1917 disebuah majalah berjudul Good Health. Anda mungkin bertanya apa dasar logikanya bila ditinjau dari segi kesehatan. Pada tahun 2013 – surat kabar the New York Times memang mengutip sebuah bahasan hasil sebuah riset yang menunjukan bahwa pria yang lalai dan tidak teratur makan pagi secara disiplin ternyata lebih mudah mengalami ganguan penyakit jantung. Walaupun riset itu tidak menemukan hubungan langsung dan penyebabnya, hasil riset itu ternyata cukup menggugah
Sarapan Bistro Baron, Sembutopia

Lantas sarapan yang baik itu bagaimana??

Seorang ahli nutrisi Adelle Davis memiliki ungkapan yang sangat terkenal di tahun 1960 “Makan pagi bagaikan seorang raja – makan siang bagaikan seorang pangeran dan makan malam bagikan seorang pengemis”. Maksud Davis, asupan kalori yang kita serap seharusnya sesuai dengan siklus ritme dari kehidupan dan kegiatan kita sehari-hari. Sehingga malam hari kita tidak kelebihan kalori yang menumpuk lalu kita bawa tidur dan akhirnya menyebabkan kegemukan serta memperberat kerja organ tubuh di malam hari.
Sarapan Bistro Baron, Sembutopia
Jeruk Tanpa Biji sebagai salah satu menu

Menurut data dari Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian pada 2011, diketahui bahwa konsumsi buah-buahan masyarakat Indonesia hanya 34,55 kilogram per kapita per tahun. Sedangkan konsumsi sayuran sebagai salah satu sumber serat bagi kesehatan, selain buah, di Indonesia hanya 40,35 kilogram per kapita per tahun. Jumlah konsumsi buah ini jauh sekali dibandingkan dengan rekomendasi FAO sebesar 73 kilogram per kapita per tahun dan standar kecukupan untuk sehat sebesar 91,25 kilogram per kapita per tahun.

Nah dari data-data di atas sudah cukupkah makan pagi kita??


Dalam rangka World Health Day, Sembutopia, sebuah channel digital platform yang peduli pada kesehatan masyarakat bekerjasama dengan Bistro Baron mengadakan acara “Breakfast is The Most Important Meal of The Day” pada Rabu (11/04) di Bistro Baron, Plaza Indonesia, Jakarta. 
Kafi kurnia founder Sembutopia

Pada acara ini Bang Doel mulai paham betapa pentingnya sarapan sehat kita di pagi hari. Karena setiap makanan yang kita makan di pagi hari itu akan menjadi energi positif kita di setiap harinya. Menurut Kafi Kurnia makan pagi merupakan ritual makan yang bukan lagi sangat penting tapi menjadi yang paling penting! 

“Apa yang kita masukkan pertama kali ke dalam tubuh adalah yang terpenting. Kalau kita tidak memasukkan makanan yang sehat, akan ada lonjakan emosi yang tidak bagus juga seharian itu. Kalau makan sehat, badan kita jadi penuh tenaga dan produktif,” ujarnya.

Nah sudah pada sarapan pagi yang baik belom??


Pada acara ini juga hadir seorang pelari bapak Yonathan Bakti. Pada acara ini dia membagikan resep tetap energik dan masih mampu berlari padahal umurnya sudah kepala 5. Ternyata di setiap harinya dia harus sarapan bagi yang kaya serat dan sehat. Selain itu beliau juga menjaga kesehatan tubuhnya setiap hari dengan memasukan asupan nutrisi yang baik.
Yonathan Bakti

So sudah pada sarapan??

Nah ternyata di Bistro Baron ini ada menu sarapan pagi loh..  Restoran yang terletak di tengah ibu kota Jakarta ini menawarkan menu yang beragam. Menu sarapan ini di sajikan mulai pukul 07.30-11.00. Restoran ini mengincar para pekerja yang tidak sempat makan pagi di sekitaran Plaza Indonesia. Menu yang di tawarkan lumayan banyak, mau tau apa saja? Yuk mari kita lihat sarapan dari Bistri Baron ini.
Menu di Baron Bistro

       1.       Le Omellete

 
Sarapan Bistro Baron, Sembutopia
Le Omelette

Semua orang pasti tau donk menu ini. Menu legendaris buat sarapan di sudut manapun di dunia ini. Kalo orang Indonesia bilang ini telur dadar. Eits tidak sekedar telur dadar saja, dalam menu ini ada sosis, roti, dan kentang yang berbalur tepung. Bang Doel kebetulan mengambil menu ini dan ini enaaaak banget plus ngenyangiinn...
       

        2.       Good Old Fashioned Pancake

 
Sarapan Bistro Baron, Sembutopia
Gold Old Pancake

Pancake? Yes.. sudah tau dong menu ini seperti apa . tapi jangan salah ya guys menu ini banyak banget isinya. Mulai dari pancakenya di tambah sirup maple, beri, orange dan kismis yang mengisi pancake ini. Rasanya? Kebetulan Bang Doel mencicipi ini dan enak untuk komposisi pancake dan isianya.

        3.       Egg Benedict


 
Sarapan Bistro Baron, Sembutopia
Egg Benedict
Ini apaan? Ahhah mungkin saya juga bingung awalanya dan tanpa melihat menu yang ada. Ternyata ini adalah telur dengan saus belanda, ditambah muffin dari inggris. Isinya tak hanya telur, ada smocked salmon, smocked duck, jamur, ditambah dengan kentang, salad dan tomat. Kenyang? Pastilah isinya banyak banget.
      

        4.       Classic French Toast

 
Sarapan Bistro Baron, Sembutopia
Gold Toast
Roti yang disiram dengan saus orange dan di sajikan dengan beri, potongan buah jeruk dan tambahan gula.

Sudah puas sarapanya? Menu-menu di atas bisa dinikmati mulai dari harga 65.000 per porsinya. Cukup murah dengan rasa  yang di sajikan lumayan enak. Eh iya ternyata di akhir chef yang masak itu hadir ke luar dari dapurnya dan membagi suka dukanya selama menjadi chef loh. Daaan chef ini memang pernah kerja di luar negeri jadi yah cukup berpengalaman dalam menangani menu.
 
Sarapan Bistro Baron, Sembutopia
Chef Nanang
So sudah pada sarapan sehat? Sarapan tidak perlu mahal yang penting bergizi dan mengenyangkan. Kalau tidak kenyang nanti bakalan lapar lagi di tengah hari dan membuat kita nyemil. 
Sarapan Bistro Baron, Sembutopia

You Might Also Like

37 komentar

  1. Aku masih terpesona sama jam terbang Chef Nanang yang buat sarapan kita-kita. Enggak heran kalau eggs benedict pesanannku bikin addict.

    ReplyDelete
  2. sarapan itu emang sebenernya waktu makan paling penting sih ketimbang waktu makan yang lainnya.. tapi aku sering lalai untuk sarapan hehehe.. liat postingan Bang Doel jadi pengen makan ommelete juga, bikin ahhh~

    ReplyDelete
  3. Kk tulisannya bagus sekali :') jadi pingin balik lagi ke sana buat nyobain semua menunya

    ReplyDelete
  4. Menarik..ak ak biasanya sarapan tempe goreng atau pisang goreng..tiba2 sarapan roti tok malah gampang lapar.
    Klo lagi di hotel pasti nyambar omelete

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gue juga milih itu kalo di hotel.. omelete dan roti hahaha

      Delete
  5. Breakfast is the most important meal of the day! Aku sih percaya banget sama hal ini. Dari kecil dibiasain sarapan HARUS nasi lauk lengkap gitu, sampe jaman2 kuliah masih terbiasa spt itu. Tapi waktu mulai kerja, berasa malah jadi ngantuk dan gak semangat kerja klo sarapan kekenyangan, jadi sekarang lbh dikontrol menu dan porsinya. Menu2 yg bang Doel posting di atas sih ideal banget tuh, semoga bisa sering2 sarapan se-enyak itu yaaaa.. hihi

    ReplyDelete
  6. Sarapan saya kalau di rumah paket komplit. Makan besar siang yang dimasak pagi. Kalau lagi di luar atau bepergian ya menyesuaikan. Sarapan roti, jus atau buah potong yang bisa dibawa. Intinya ada ganjal perut saja. Hahaha.

    ReplyDelete
  7. Saya termasuk terbiasa untuk sarapan, kalo ga sarapan, sebelum jam makan siang mesti udah keroncongan ni perut.

    ReplyDelete
  8. Yes.. quote Adelle Davis ini yg saya pakai setiap hari. Breakfast like a king. Berarti makanan sempurna kalori serat dan proteinnya, lunch like a prince, makan siang standar terakhir dinner like a beggar. Makan buah doang karena wkatunya bobo.

    Tapi makan teratur justry bikin body makin gemuk.. hiks

    ReplyDelete
  9. Kalau aku lebih seringnya sarapan Bubur Kacang Ijo, nggak bisa langsung makan nasi kalau pagi hari

    ReplyDelete
  10. Aku juga salah satu yang suka sarapan pagi pagi, kalau tidak sarapan wah ini perut tak bisa di ajak kompromi hihihi

    ReplyDelete
  11. Kecil banget ya konsumsi buah dan sayuran kita. Alhamdulillah dari kecil tak melewatkan yang namanya sarapan pagi. Karena ini adalah kegiatan yang jadi pondasi kita seharian beraktifitas.

    ReplyDelete
  12. Kalo saya pagi2 harus sarapan dulu sebelum beraktifitas. .agar ada energi dlm tubuh..

    ReplyDelete
  13. Kadang suka lupa sarapan lngsung aja jam 10 mkn, paling minum aer putih. Di rubah ah mulai sekrng, sarapan dulu seblum aktifitas. Terima kasih infony

    ReplyDelete
  14. Wah... standar makan buah menurut data FAO tinggi ya sementara masyarakat Indonesia mengkonsumsi buah sedikit sekali rupanya. Perlu nih mengganti sarapan dengan buah saja agar hidup makin sehat. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  15. Duh, kalau ada yang nyiapin sarapan kaya di atas setiap hari saya juga mau banget..

    Kadang memang pengen masak makanan sehat, tapi males ribetnya. Akhirnya, beli matang aja

    ReplyDelete
  16. Sarapan itu penting banget. Soalnya jadi ngaruh ke vitalitas seharian. Gak sarapan pasti bakal lemes seharian. Jadinya gak bisa produktif. Btw, pancake-nya sungguh menggodaaaaaa :D

    ReplyDelete
  17. Buatku sih sarapan itu paling penting dibandingkan makan siang dan makan malam. Omong-omong itu Good Old Fashioned Pancake-nya lucu amat kak. Terlihat seger banget.

    ReplyDelete
  18. Kalo tidak sarapan itu rasanya seperti ada yang kurang. Terus jadi bisa uring-uringan seharian.

    ReplyDelete
  19. Terus terang Saya suka skip sarapan. Lebih suka brunch. Hehee. Waduh itu menu-menu sarapannya menggiurkan deh

    ReplyDelete
  20. Tergantung waktu! Kalau nggak kesiang sarapanny bermutu spt omelet, roti isi + susu... Kalo kepepet roti n teh manis aja, hahahaha 😂

    ReplyDelete
  21. duh pilihan sarapannya manteeeup ya mas😍 perlu jadi concern ya mengenai sarapan pagi. ternyata banyak manfaatnya karena saya sering bgt ngelewatin sarapan karena kesiangan haha.. sarapan dulu ahh

    ReplyDelete
  22. Jadi gk masalah ya kalau sarapan paginya kalap, soalnya kan energinya mau dipakai beraktivitas yg padat #uhuks :D
    Btw itu menu2nya semua bikin ngileeeeeeeerrrrr

    ReplyDelete
  23. Aku tertarik banget pada Eggs Benedict itu. Ternyata menu telur pun bisa jadi mewah ya kalau ditangani chef. Selera makan telor pasti naik :-)

    ReplyDelete
  24. Buat daku sarapan itu penting... Selain biar nggak pusing kepala buat persiapan kerja sekaligus persiapan juga ngadepin perjuangan hebat saat naik angkutan umum, hehehe.. Kalau nggak sarapan ah dah kebayang dah puyengnya..

    ReplyDelete
  25. Saya termasuk yang menganggap bahwa sarapan itu penting. Setidaknya untuk konsentrasi. Kalau gak sarapan, perut kan jadi keroncongan.Gimana mau fokus kerja, kalau kaya gitu.

    ReplyDelete
  26. Kalau sarapan dengan menu seperti itu...ehm jadi penting pakai banget.
    Buat aku sarapan itu penting banget, tubuh kita khan butuh energi untuk memulai hari.

    ReplyDelete
  27. saya jarang sarapan....ga bagus ya. jangan ditoru. etapi melihat foto disini...jadi pingin sarapan

    ReplyDelete
  28. walaaaahh puas banget nih mas sarapan mewah gitu, aku ngiler banget lihatnya, apalagi itu pancakenya aduh pengen ikutan nyomot jadinya.. tapi kalau aku pribadi malah seringnya sarapan buah aja jarang yang macem-macem begitu hehe

    ReplyDelete
  29. Penting banget kaka. Walau suka skip sarapan huhuhu. Btw jadi penasaran pengen cobain jeruk tanpa biji.

    ReplyDelete
  30. Terimakasih Bangdoel, mengingatjan tentang pentingnya sarapan pagi. Btw untuk vegetarian seperti saya, menu sarapan pagi yang dianjurkan, apa ya bangdoel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah2an aja mba tut.. kentang dengan kacang jadi asupan protein mba

      Delete
  31. Sarapan bagi keluarga saya itu wajib, sesempit apa pun waktu harus sarapan, terutama anak2 sih,,kalau ortu kadang asal ganjal perut aja kalau kepepet hehe..

    ReplyDelete
  32. Menu-menunya menggugah selera. Itu jeruk tanpa biji? Kok bisa ya? Belum pernah nyobain

    ReplyDelete
  33. Buat saya sarapan itu penting banget karena asupan tenaga untuk mengawali hari ya berawal dari situ.

    Meskipun begitu, makanan yg masuk ke badan di pagi hari tidak boleh terlalu berat juga. Saya seringnya sarapan menggunakan Roti Gandum atau Omelette.


    Terima kasih sudah sharing soal sarapan. Artikelnya bagus :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh