Pempek di Pasar Minggu : Pak Jenggot atau Musi Raya, Mana yang lebih enak?? - Cerita Bang Doel
News Update
Loading...

October 2, 2018

Pempek di Pasar Minggu : Pak Jenggot atau Musi Raya, Mana yang lebih enak??

Pempek? Siapa yang ga suka dengan makanan ini. Bang Doel beberapa kali nyobain menu makanan yang khas dari Kota Palembang ini. Biasanya makanan ini dibuat dari ikan belida yang hanya bisa hidup di sumatera saja. Maka kadang rasa ikan sangat berbeda.

Kalau sejarahnya pernah diceritain sama temen yang orang asli Palembang katanya dulu ada cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian sungai musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi yang belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Ia kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.

Iya kali ya begitu ceritanya.. tapi yasudahlah gue ga mau bahas tentang sejarah, karena sejarah itu hanya untuk di kenang dan jadi pembelajaran. Oke-oke kalau berbicara dengan pempek menurut kalian di Jakarta ini ada yang enak ga sih? Beberapa kali direkomendasikan sama temen ada yang pas ada yang juga kurang. Nah kebetulan gue waktu itu diajakin makan pempek di daerah Pasar Minggu.

Pada tau kan daerah ini? Gampang kok ke daerah sini kalo naek kereta jurusan bogor turun aja di stasiun Pasar Minggu terus jalan kaki menyebrang sampe deh di jalanan ini. Nah ternyata disepanjang jalan ini ada dua tempat yang lumayan tenar jualan pempek loh. Ada dua tempat jualan pempek ini, yaitu Pempek Pak Jenggot dan Pempek Musi Raya.

Gue sekarang akan membandingkan dua pempek ini. Dari segi rasa, harga, tempat dan menu ala gue ya. Tenang guys karena soal rasa dan pilihan itu kembali ke kalian kok. Sama aja kaya nyari jodoh kan.

Ok ok. Gue akan share dari tempat dulu ya..

1.                   Tempat
Kedua kedai pempek ini memiliki tempat yang sama di sepanjang jalan ini. Kalau di map masuknyya di jalan raya ragunan. Kalau dari stasiun atau terminal Pasar Minggu cukup dekat kok tempatnya. Untuk pempek Pak Jenggot tempatnya cukup luas dan nyaman juga tapi ga kaya mantan. Di tempat ini juga cukup ramai. Patokannya ada di deket kantor pos pasar minggu

Pempek Musi Raya, awal nyobain pempek ini sempat salah tempat janjian sama teman. Ternyata pempek ini ada 3 cabang di sepanjang jalan ini. Tempatnya ada tepat disebelah Pempek Janggut, Dekat robinson sama yang terakhir di seberang Bank BNI. Gue nungguin yang di deket bank BNI eh temen gue malah nungguin yang di Pak Jenggot. Sedih gue. Akhirnya gue makan yang di pertama sampai. Untuk tempat disini lumayan kecil tapi ada dua ruangan jadi banyak tempat duduknya.

2.                   Harga

Untuk harga dari kedua tempat ini tidak jauh berbeda menurut gue. Karena harga pempek kapal selam aja sama yaitu dibanderol dengan harga 25.000 rupiah. Sementara untuk yang lainnya disekitar 8.000 sampe 20.000. jadi untuk traktir gebetan ya minimal harus bawa 100.000 lah.

Untuk minuman juga hampir sama rata sih.

3.                   Rasa
Ini hal yang paling berat menurut gue sih. Karena rasa itu soal lidah tapi oke gue akan cerita menurut gue rasa dari kedua pempek yang di Pasar Minggu ini. Menurut gue yang lidahnya agak perasa dengan jenis ikan tapi tak perasa tentang hati #eh, dari kedua pempek ini lebih berasa  ikannya di Pempek Pak Jenggot. Untuk di Pempek Musi Raya menurut gue ikannya ada tapi memang kurang berasa sih


View this post on Instagram

A post shared by Tukang Kulineran (@toekangkulineran) on
Makan pempek tanpa cuko bagai aku tanpa kamu, HAMPA. Yupz makanan ini harus ada cuka sebagai pelengkap. Ga kebayang dah makan pempek tanpa cuka. Menurut gue cuka di Pempek Pak Jenggot agak pedas, sedangkan untuk di Musi Raya bagi gue cukup kuahnya dan lebih enak.

4.                   Menu

Di kedua tempat ini menunya sangat beragam dan sama-sama menjual makanan khas Palembang. Kalau menurut gue sama aja sih menunya. Ada tekwan, pempek lenjer, yaa pokoknya makanan khas Palembang adolaah.

Jadi gimana guys berminat mencoba pempek ini? Silahkan coba deh karena kalau baca dari tulisan 
gue kalian nanti bilang hoax.


Share with your friends

23 comments

  1. Aduh, mendadak laper pagi-pagi bahas pempek. Jadi kebayang Pempek di depan Situ Cipondoh Tangerang. Enak banget loh.

    ReplyDelete
  2. Wah recommended nih harganya juga ok ,he he aku juga pengemar pekmpek biasa makan di deket Halim ..

    ReplyDelete
  3. Saya suka banget pempek musi, kalau pulang kuliah di sempatkan mampir dulu ke pempek musi yang sebelah Robinson... Sampai susah pindah ke pempek jenggot...

    ReplyDelete
  4. Saya suka banget pempek musi, kalau pulang kuliah di sempatkan mampir dulu ke pempek musi yang sebelah Robinson... Sampai susah pindah ke pempek jenggot...

    ReplyDelete
  5. Waduuh sebagai penggemar pempek saya ngiler nih. Di Jambi pempek juga jadi kuliner favorit masyarakat. :D

    ReplyDelete
  6. Inget.. kalau makan pempek yang kecil2, Cuko nya di HIRUP bukan di COCOL :D :D

    #JadiKangenMudik

    ReplyDelete
  7. Saya tiap hari ngelewatin daerah Pasar Minggu tapi malah belum nyobain kedua pempek tersebut. Parah ya wkwkwk....

    ReplyDelete
  8. aku mah kalo judulnya pempek aseli palembang itu pasti enak-enak beut!!! hahahha, apalagi kalo pedes. mau icip dong satuuuu... piring hahahah

    ReplyDelete
  9. Jadi enak yang mana... Jadi pengen pempek kan nih gue...

    ReplyDelete
  10. Apakah pempek Musi Raya ini sama dengan Musi Raya Pondok Gede dan Pangkalan Jati? Penasaran . Kalo sama berarti kalo ke Pasar Minggu nyobain pempek Pak Jenggot aja. Hehehe... Anw , enakan mana sama Gaby? Teteup .

    ReplyDelete
  11. Yummy banget sih pempeknya bang, ajak kenapa kalau makan pempek lagi secara rumah kita deketan.hehehe

    ReplyDelete
  12. Selain pempek, kalo ke tempat makan palembang gini enak siang-siang makan model atau brugo sama minumannya es kacang merah. Josss serasa pulang kampung ke palembang hahaha.

    ReplyDelete
  13. Yes pempek pak jenggot emang endes sih, ukurannya juga lumayan buat perut aku. Makan pempek kapal selam 1 aja udah kenyang, tapi yang pempek musi belum pernah nyobain.

    ReplyDelete
  14. Sedap ya pempeknya..
    Apalagi kalo cukonya yang pedas dan kuah melimpah. Nampol tenan..

    ReplyDelete
  15. Oh jadi begitu yaa sejarahnya. Pempek karena nama foundernya Apek. Baru tau nih.
    Btw, deket banget itu di pasar minggu ya. Bisa nih mampir abis pulang kursus. Mantul

    ReplyDelete
  16. Duhhh jadi ngiler pengen empek2 tapi jauh bgt yak tempatnya klo dari rumahku hihi

    ReplyDelete
  17. Klo di lampung, pempeknya gak digoreng. Ada sih yang digoreng, tapi lbh fav yang cuma di kukus trus cukonya diseruput.

    ReplyDelete
  18. Kocak ya baca reviewnya. Dikit dikit nyerempet hati atau mantan. Hahaha tapi makasih bangdoel karena jadi punya referensi tempat makan pempek deket sana.

    ReplyDelete
  19. Ngiler banget baca sekaligus liat gambar empek2nya. Gue sebagai salah satu fan berat empek2, harus coba nih empek2 di 2 tempat itu hehe

    ReplyDelete
  20. 1617 emang udah masuk sepeda ke Hindia Belanda ya, Dul?
    Bukannya sepeda barang mewah ya jaman Belanda dulu hehe

    Jadi kepingin samperin nih baca reviewan lu, dul.
    Berasa di film Arjuna dan Ludahnya hahaha

    ReplyDelete
  21. Aku kalau makan pempek yang kerasa ya cuma rasa gurih yang entah dari penyedap rasa atau rasa ikan. Selebihnya ya rasa cukonya doang. Yang bikin enak sih ya cukonya itu. Kalau cuko ga enak, ya ga enaklah semuanya.

    ReplyDelete
  22. Baru tau kalau di Pasar Minggu ada tempat Pempek yg enak..
    Makasih Bang Doel untuk rekomendasinya.. :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done