Healthies Run 5k, Pertama Kalinya Ikut Event Lari

October 08, 2019

Sebuah pesan masuk di grup WA BloggerCrony dari pak lurah Satto Raji yang ngajakin event lari dari Kemenkes. Tiba-tiba kepikiran saat itu, boleh ga sampingan aja pake sepeda. Iyalah saya lebih rutin sepedaan daripada lari. Eh malah mas Satto manasin terus di grup untuk saya ikutan. Hmm okelah daftar dulu ya urusan selesai sampai 5K atau enggak urusan belakangan.

Apalagi liat para pendaftar ada beberapa ibu-ibu blogger yang ya notabene olahraga aja jarang sih. Yowes beraniin aja, apalagi pada ngajakin “lari 5m aja abis itu makan nasi uduk”. Emang dah kelakuan para blogger ini. Daftar lah walaupun ini beneran baru pertama kali ikut event lari.

Event lari yang diprakasai oleh Kemenkes ini mengangkat tema “Jangan Mager”. Yeah jaman yang sudah modern membuat kita mager kan. Apalagi saya neh, pesen makanan tinggal online, naik kendaraan ada ojek online. Semua serba online, tinggal pesan dari gadget langsung cuzz sampe makanan dan kita bisa naik kendaraan.

Maka dari itu Kemenkes mengajak lari gembira biar kita tidak mager. Kemenkes juga dengan program GERMASnya selalu mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Apalagi ada program CERDIK yang terus di gaungkan ke semua lini. Cerdik ini adalah singkatan yaitu :

Cek rutin kesehatan secara berkala, minimal 6 bulan sekali. Supaya kesehatan diri kita selalu terpantau;
Enyahkan rokok. 
Rutin melakukan aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit setiap harinya;
Diet sehat dengan mengonsumsi  makanan dengan asupan gizi seimbang;
Istirahat yang cukup;
Kelola stress.

Dari tageline yang terus di gaungkan ini kemenkes berharap penyakit-penyakin tidak menular dapat kita cegah. Ya tadi salah satunya adalah berolahraga rutin. Mungkin 5Km ini bagi sebagian orang bikin capek. Tapi dengan adanya kegiatan ini juga mengajak orang lain untuk berolahraga. 

Lari merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang harus dibudayakan dalam kehidupan masyarakat. Aktivitas fisik jenis ini dapat dilakukan minimal 30 menit sehari secara rutin untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan.

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan lari 5 kilometer dalam rangka menyosialisasikan Germas. Ini penting dilakukan mengingat kondisi kesehatan masyarakat berdasarkan data BPJS Kesehatan cukup memprihatinkan.

''Ada penyakit katastropik itu tinggi, seperti gagal ginjal, kanker, diabetes. Penyakit katastropik ini sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup sehat, salah satunya lari ini,'' kata Menkes usai lari 5 KM, Minggu (6/10).

Oh iya bu menkes juga ikutan lari loh, ya walau abis itu saya salip karena saya sudah tertinggal sama temen-temen. Saat lari 5K kemarin saya pun menghabiskan waktu sampai 1jam. Ya alhamdulillah banget bisa selesai.

Lari kemarin memang bikin saya senang banget. Selain pertama kali lari, itu juga saya bisa menyelesaikan race yang 5km. hufh melelahkan sih. Tapi aah apalagi dapat mendali di finisnya, dan itu memang medali pertama saya di moment lari.

Saat even healthies run kemarin Ada empat kategori pemenang Healthies Run 2019, yaitu: pemenang 1,2,3 dari laki laki dan perempuan, pemenang kategori peserta usia tertua, pemenang kategori usia termuda dan pemenang kategori kostum terunik.

Ah pokoknya seru banget, dan saya nampaknya ketagihan nih untuk ikut even funrun kaya gini. Itung-itung tes kondisi fisik juga….

Jadi kamu kapan lari bareng aku??



You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah coment.. kalau bagus silahkan share tulisan ini... terimakaasihhh